Cara membuat label undangan Tom & Jerry Ukuran 103 dengan Office 2010

Posted: March 30, 2013 in Tips & Trick

Hari pernikahan semakin dekat, undangan sudah jadi, namun saya mempunyai kendala dalam mencetak nama-nama tamu undangan ke dalam label. Setelah googling sana-sini akhirnya saya mendapatkan tutorial cara membuat label undangan dengan label Tom & Jerry, namun pada tutorial tersebut hanya untuk Microsoft Office 2007, meskipun beda tipis dengan versi Office yang terinstall di Laptop saya (baca: Office 2010), namun hal tersebut cukup membuat saya pusing. setelah berpusing-pusing ria, akhirnya bisa menghasilkan sebuah rangkuman  khusus yang mudah-mudahan bermanfaat bagi saya di kemudian hari, dan bermanfaat juga bagi yang sedang membutuhkannya nanti.

Langsung saja kita mulai untuk membuat label undangan dengan label Tom & Jerry.

1. Buat list undangan pada Excel dengan 3 kolom (Nama, Jabatan, dan Alamat)

clip_image002

2. Download format table 103 (table yang dibutuhkan) di

http://sdrv.ms/11DFBlS TJ  no 103
http://sdrv.ms/19Zk0HV TJ  no 121
http://sdrv.ms/13yIDHS TJ  no 104

3. Buka file template label 103

clip_image003

4. Pilih Mailings à Select Recipients à Use Existing List

clip_image005

5. Pilih table yang akan ditampilkan, disesuaikan dengan list undangan yang tadi anda buat. Disini worksheet yang akan saya cetak adalah Cetak Undangan

clip_image006

Setelah dipilih tekan Ok

clip_image007

6. Saat nya memasukkan nama-nama yang tadi sudah diketik, ini disesuaikan dengan kolom-kolom yang tadi sudah dibuat

clip_image009

clip_image010

7. Maka akan menghasilkan seperti berikut

clip_image012

8. Supaya labelnya bisa membaca record selanjutnya yang ada di file excel tadi, kita harus membuat rule New Record

clip_image013

9. Akan menghasilkan hasil seperti dibawah ini

clip_image014

10. Copy paste format diatas ke semua label

clip_image015

clip_image017

11. Selanjutnya untuk melihat hasilnya bisa klik Preview Result clip_image018

clip_image020

12. Setelah yakin semuanya sudah benar dan sesuai nama-nama para tamu undangan, sekarang saat nya untuk memasukkan semua nama undangan yang sudah diketik tadi. Caranya pilih Finish & Merge à Edit Individual Document

clip_image021

13. Pilih all apabila ingin semua namanya yang sudah diketik tadi dicetak dalam label, apabila hanya halaman tertentu saja bisa pilih Merge record lainnya

clip_image022

14. Sekarang undangan sudah siap di cetak kedalam kertas label Tom & Jerry ukuran 103

Comments
  1. kangalie says:

    gan.. link tjlabels.com nya gk bisa di buka.. agan masih nyimpen file doc. nya gak dr tjlabels no. 103.. please di share gan.. ke email saya alieyoedien89@gmail.com

  2. ajituelegi says:

    Gan,

    ane masih nyimpen file doc nya, besok insya Allah ane kirim yak. email noted.

    salam
    Panji [as]

  3. ayahhanif0601 says:

    gan, link tjlables bisa dibuka, tapi filenya tidak terbaca. tlg bantu share ke anantonowo@yahoo.com ya, thanks :)

  4. kaki05 says:

    halo gan,

    saya sudah ngikutin setiap stepnya dan berhasil, namun dalam setiap 1 lembar tnj pasti ada 1 nama yang terlewat setiap pergantian kertas tnj
    label tnj isi 12 nama,,namun pada halaman berikutnya nama pertama yang masuk merupakan nama tamu nomor 14 saya, sehingga nama tamu nomor 13 tidak tercetak, itu terjadi di setiap pergantian kertas, jadi kalau saya cetak 50 lembar maka 50 nama akan terlewat
    nomor 13 26 39 dst
    saya menggunakan office 2007 bukan 2010 spt di tutorial,
    mohon bantuannya terima kasih :)

    • ajituelegi says:

      halo juga gan,

      memang ini agak aneh, hal tersebut juga saya alami gan, parahnya lagi baru ketauan pada saat akan dibagikan, jadi agak repot lagi trackingnya, mau ga mau ketik lagi yang belum ke print. Mohon maaf blm bisa kasih solusinya.

      Thanks,
      Salam,
      Panji [as]

  5. iloe says:

    next recordx di hapus gan….dilabel pertama……..moga bisa jadi solusi gan…thx

  6. smith says:

    sorry gan.. link tjlabels.com nya gk bisa di buka.. agan masih nyimpen file doc. nya gak dr tjlabels no. 103.. please di share gan.. ke email saya smithmuhamad@gmail.com thanks b4

  7. Sama seperti yang lain2, boleh share file doc. nya dari tjlabels no. 103 kah? Berikut emailnya: freelancersejati(at)yahoo(dot)com. Thanks.

  8. havid says:

    gan, link tjlabels.com nya kok ga bisa dibuka? agan masih nyimpen file doc. nya ga dr tjlabels no. 103? please dishare gan, ke email saya havid1986@gmail.com..

  9. rani says:

    mas panji, saya boleh minta template TJ no 103 gak? masi punya file wordnya? soalnya saya buka si web TJ nya gak bisa terus. Kalo ada tlg kirim ke andria_rani@yahoo.com yaa mas. Makasi banyak

  10. Takada hahn says:

    Maaf gan
    tjlabels nya masih error
    ane minta ya
    yang 103
    please, gan butuh banget

  11. Eugene says:

    Gan…boleh kirim format labelnya ke emarsiadi@yahoo.com…..tq

  12. Henry says:

    Agan,
    Makasih tutorial nya, tp sayangnya website tjlabels gak bisa dibuka.
    Urgent bgt minggu ini rencana mau kirim undangan. Mohon bantuannya, kirim saya template no 104 ke henry.tresno@gmail.com. Terimakasih sebelumnya.

  13. lussy says:

    gan…maaf,, boleh mohon filenya di email juga ke nailussyarifah@gmail.com….thx

  14. candra wahyuni p says:

    saya juga boleh minta filenya label 103 ga? krn web nya tj label ga bisa dibuka….share di candrawp@yahoo.com…trims ya sebelumnya

  15. candra wahyuni says:

    bolehkah saya juga dishare untuk label 103?krn tidak bisa dibuka webnya….share di candrawp@yahoo.com….minta tolong ya…terimakasih sebelumnya

  16. nisa says:

    bagi file tnj 103 dong, udah gk bisa di buka.. tolong share ke nisyataufik@gmail.com
    makasiiih :)

  17. Muhammad Pramudito says:

    Gan, tutorialnya bagus. Tapi link tjlabel ga bisa kebuka nih sekarang. Boleh minta tolong kirim file formatnya ngga? Kebetulan saya pake no.103 juga. Bisa dikirim ke email saya muhammad.pramudito@yahoo.com Terima kasih sebelumnya gan :)

  18. asep says:

    boleh share t & j 103 ke aseptriwahyudi@gmail.com terima kasih :)

  19. Puji says:

    Gan gak bisa ke link tjlabels.com
    klo masih punya soft file nya yang label 103 tolong di send ke email saya donk pujilesta@gmail.com
    Thanks Gan…

  20. alyd says:

    iya gan tjlabels-nya gak bisa dibuka, formatnya bisa dikirim ke email saya gak gan, alyd26@gmail.com.. thannks y gan

  21. elin says:

    ga bisa kebuka linknya..please help ya

  22. rudi says:

    gan tolong kirimin ke email sy jg yg no.103
    sy ga bs download. kirim email sy rudi_bolle@yahoo.com

  23. rudi says:

    hallo gan ane btuh tjlabels yg no. 103,mau download ga ada yg bs…
    ane mnta tolong kirim file doc nya kirimin ke email ane rudi_bolle@yahoo.com
    ane btuh bgt gan…thx gan sblmnya…

  24. Arief says:

    Gan kenapa blm bisa didownload jg ya format labelnya…ane lg pingin buat label undangan tmn yg 121 sama 103…klo berkenan, tolong dikirim ke arief_uiba@yahoo.com
    Trims ^_^

  25. adjie says:

    halo Gan,

    kenapa yah sekarang link tjlabel udah ngga bisa dibuka lagi?
    kalo ngga keberatan, agan punya ngga label tj yg 103? bisa di share ke email saya adjie.r@gmail.com

    terima kasih gan sebelumnya

  26. om bs kirim filenya? link downloadnya rusak. emailku andar_corradi@yahoo.com makasih om ditunggu balasannya

  27. maya says:

    gan.. link tjlabels.com nya gk bisa di buka.. agan masih nyimpen file doc. nya gak dr tjlabels no. 103.. please di share gan.. ke email saya mayfang68@yahoo.com

  28. Kimmaru says:

    gan..sama nih web tjlabels ga bs buka T_T..
    mau minta tolong bgt nih dikirimin untuk tom & jerry 103 nya dong ke nataru06@gmail.com..

    Thankss beforee…

  29. Thesa says:

    gan..sama nih web tjlabels ga bs dibuka jugaa
    mau minta tolong bgt nih dikirimin untuk tom & jerry 103 nya dong ke thesaernala@gmail.com

    thanks a lot ^_^

  30. Dear Agan
    aq mau juga donk dikirimin format nya yang 103 dan 121 kirim ke dija_aja@yahoo.com atau ke khadijah@seid.sharp-world.com
    dibantu yak…. ^_^
    thinqyuw….

  31. erna says:

    iya mas, linknya ga bs dibuka. kirim juga ke email sy ya. plis urgent mau diketik sekarang untuk diedarkan bsk. Kalau ukuran labelnya 121 gimana mas? tengkyu ya atas berbagi ilmunya..

  32. Nuvianti says:

    Mau juga format labelnya yg 103 & 121 yaa, kirimin ke vievoyou@gmail.com
    Trims^^

  33. Ardi Hardiana says:

    Agan minta juga dong format 103 nya. tolong di share ke diew_awal@yahoo.com ya ga. tolong dibantu ya gan. makasih :)

  34. fadillah says:

    dear mas
    q buka pake office 2007 kok gak bs yah
    punya yang buat office 2007 tidak
    klo pny tln kirim ke obake_shiro@yahoo.co.id
    n cara print y
    hehehe
    tks alot
    fadillah

  35. Meleno says:

    Makasih ga label nya lancar . thanks info nya

  36. Marvita says:

    Nice info gan
    Boleh minta formatnya gan
    marvita.87.sari@gmail.com

    Thanks gan sblumnya

  37. indarto says:

    Info yg sangat bermanfaat gan…
    Bisa share file TnJ 103nya ke email: lkmnindarto@gmail.com
    Trimss sblmnya…dan sukses selalu..

  38. Andi says:

    Salam Gan, mohon bantu share TnJ 103 nya ke saya yaaa…pls n tks
    flying.q89@gmail.com

  39. dieand says:

    Help Needed MasGan..
    knp yg seri 121 ga bsa didonlod yah.?
    Mohon pencerahannya masGan..

    Klu bisa tolong dikirim ke god.thundie@gmail.com

    Tks :)

    • ajituelegi says:

      Dear agan,

      memang link TJ nya udah ga bisa dibuka sepertinya.
      untuk labelnya sudah saya kirim ya :)

      Salam,
      Panji [as]

  40. Yudhi Sofyan says:

    Dear Agan Aji,
    saya minta tlg dikirimin format nya yang 103, 121 dan 104 ke will_reinse[at]yahoo.co.id. Makasih banyak sebelumnya

    • ajituelegi says:

      Dear Mas Yudhi Sofyan,

      Karena makin banyaknya yang meminta dikirimkan format, per 2 Minggu lalu kalo tidak salah, saya sudah upload ke skydrive. silahkan baca postingan saya, sudah di-edit pada bagian downloadnya.

      Terima kasih,
      Salam,

      Panji [as]

  41. Mas maaf minta tolong di share label 103,,, makasih loh mas irwanenko@yahoo.co.id

  42. raul says:

    Gan, punya format label tom n jerry nomor 107 gak? kalau ada share ke rafi.aulia@brm.co.id yaa, thanks

  43. mey says:

    mas, saya ga bisa buka untuk label 103, tolong di bantu ke mail saya
    m.sinurat83@gmail.com

    tks before

  44. surya3wibowo says:

    gan ..

    untuk format no 108 mohon bantuannya gan dan bisa dikirim ke email saya surya3wibowo@gmail.com

    thanx

  45. vinnola says:

    Gan, mau donk file tnj no.103, emailx vinnola.sitompul@gmail.com tengkyu.

  46. Hana says:

    wahh gak bisa kebuka link nya, msh simpen filenya untuk label 103? kalau ada minta tolong share dong ke email subhan.fathah@gmail.com

  47. novie says:

    mas…tolong di share format yg 103 ya…makasih

  48. tasha says:

    mas boleh minta filenya label 103? krn web nya tj label ga bisa dibuka….share di tasha.miuw@gmail.com…trims ya :)

  49. zularema says:

    gan yg tops..
    ane mw dhonk dishare file tnj no.103….penting neh
    tks

  50. andri says:

    gan kirim email dunk untuk tabel 103 ke andri@redbuzz.co.id

  51. Nizar says:

    linknya masih belum bisa diakses Gan. Bisa tolong share file untuk label no 103 dan 121 ke mooh.nizar@yahoo.com..thank you

  52. haidir says:

    mangstap….

  53. putra27 says:

    agan masih nyimpen file doc. nya gak dr tjlabels no. 103.. please di share gan.. ke email saya putra_surya27@ymail.com

  54. rizqi says:

    untuk tjlabels dgn tom & jerry fomatnya sama ga ya gan?? klo ga sama mnta tlong kirim formatnya dunk gan ke riz_qmubarok@yahoo.co.id
    terima kasih gan.

  55. Darmayana says:

    gan bisa share ke email saya gk? gk bs didownload clarkgogs@yahoo.co.id. thanks gan

  56. edy supriyadi says:

    hallo mas…..saya boleh minta juga gk template label103 TnJny? aku download ko gk bisa bisa yh…boleh kirim ke edy_supriyadi22@yahoo.com

    thanks mas….

  57. heni says:

    Agan,
    Makasih tutorial nya, tp sayangnya website tjlabels gak bisa dibuka.
    Urgent bgt senin ini rencana mau kirim undangan. Mohon bantuannya, kirim saya template no
    103 ke heni.jp@gmail.com or p_heni_j@yahoo.co.id . Terimakasih sebelumnya.

  58. Ebiet (Ex-DCOPS) says:

    lagi cari-cari tutorial cetak label tnj ehh ktemu oom panji disini hehehe
    ane lagi cari buat bikin undangan aqiqah anak pertana ane oom…
    insyaAllah tgl 2 mau di aqiqah neh Oom,… doain yah supaya jd anak Sholeh
    btw makasih oom panji, tutorialnya bermanfaat sekali.. salam dari kponakan di MKS

    • ajituelegi says:

      Om Ebiet, maaf baru bales. Udah lama ga sempet buka blog. Insya Allah semoga menjadi anak yang soleh/solehah, bisa membuat bangga orang tuanya di dunia dan di akhirat. Maaf kalo ada yang kurang di tutorial ini ya. :)

      Salam silaturahim,
      Panji Ex-DCOPS Monitoring :P

  59. azizah says:

    pak aji tolong kirim in untuk no 103 k email saya
    azizahhaini@gmail.com

  60. wahyu says:

    gan… tolong kirimin file nya donk ke imail ane.. filenya ga bisa di download

    thx sebelumnya.. :D

  61. rantez says:

    gan, mau tanya dong, kug file yang saya download cuma satu halaman yah, klo mau ke halama berikutnya gmn?di enter gag bisa gan..makasih

  62. Sunarso Aco says:

    Gan Makasih Ya atas segala pelajaran yang telah di bagi semoga pahalanya mengalir terus amiiiin

  63. Gofur says:

    gan.. link tjlabels.com nya gk bisa di buka.. agan masih nyimpen file doc. nya gak dr tjlabels no. 103.. please di share gan.. ke email saya goshantec@yahoo.com tks

    • ajituelegi says:

      Dear Mas Gofur,

      Silahkan download dari link yang ada di blog saya, karena suda saya update lagi blognya.

      Salam,
      Panji [as]

  64. Liafany haryanto says:

    gan boleh minta tolong kirim link label t&j no 103 ke email saya?? soalnya ga bisa dibuka.. thx before..

    • ajituelegi says:

      Dear Liafany,

      Silahkan download dari link yang ada di blog saya, karena suda saya update lagi blognya.

      Salam,
      Panji [as]

  65. Fajar Indra says:

    gan, saya sudah mengikuti cara yang di blog. sudah sampai Edit Individual Document. Dan sudah muncul nama di Form Tersebut. Namun waktu saya print tidak bisa. muncul peringatan : The Magin of section 1 Are set outside the printable area of the page.

    • ajituelegi says:

      Dear Mas Fajar Indra,

      Mohon maaf untuk masalah tersebut saya tidak mengalaminya, mungkin Mas Fajar bisa coba Googling :)

      Maaf kalau jawabannya tidak berkenan.

      Salam
      Panji [as]

  66. Terus Cara Print nya gimana ,, ko Kertas nya gk bisa pake kertas Label .. tapi klo pake Kertas Print bisa
    mohon bantuan nya

Leave a Reply

