Cara menginstall OpenOffice 3.0 pada OpenSolaris 2008.11

Posted: January 19, 2009 in Ilmu Dunia, Unix

osolAwalnnya ketika saya baru selesai menginstall OpenSolaris 2008.11, saya ingin menggunakan office, ternyata setelah saya cek ulang, ternyata di dalam OpenSolaris 2008.11 belum terdapat OpenOffice.
Nah, disini saya akan mencoba memberi tahu sedikit tentang bagaimana cara menginstall OpenOffice 3.0 pada OpenSolaris 2008.11. Berikut adalah caranya :

1. Tentunya komputer kita harus terkoneksi ke internet supaya bisa update/install package yang kita inginkan.
2. Lalu masuk ke terminal dan ketik ini
3. aji@opensolaris:~$ pkg install openoffice
Refreshing Catalog 1/1 opensolaris.org
Could not operate on /var/pkg/state/installed
because of insufficient permissions. Please try the command again using pfexec or otherwise increase your permissions.
4. Oops, saya lupa. Ternyata saya belum login sebagai root.
5. Untuk masuk sebagai root, begini caranya :
aji@opensolaris:~$ su
Password ……….
6. aji@opensolaris:~# pkg install openoffice
DOWNLOAD PKGS FILES XFER (MB)
Completed 1/1 3932/3932 151.65/151.65

PHASE ACTIONS
Install Phase 4465/4465
PHASE ITEMS
Reading Existing Index 9/9
Indexing Packages 1/1
7. Siip, sekarang komputer anda sudah terinstall OpenOffice 3.0.
8. Selamat mencoba

Mungkin sekian aja dulu dari saya, kalau masih ada kekurangnnya saya mohon sarannya. Karena disini saya masih dalam tahap belajar, belajar, dan belajar.

Comments
  1. The Curious says:

    Halo mas Panji.. Materi kemarin minta tolong di uplod ke milis dong mas.. Milis OSUG,,, ada yang nanyain tuh materinya.. Hihihi.. Makasih banyak ya mas.. 🙂

Leave a Reply

