Bagaimana Cara Upgrade OS BlackBerry 05 Ke 06 ?

Posted: August 11, 2012 in BlackBerry, Ilmu Dunia

blackberry-logo-3[1]

Berawal dari rasa penasaran untu melakukan upgrade OS BlackBerry milik saya sendiri. Akhirnya saya beranikan untuk melakukannya, meskipun sebelumnya sempat khawatir karena saya belum pernah melakukan ini. tapi setelah dipertimbangkan cara rollback nya apabila gagal upgrade, saya jadi berani untuk upgrade OS BlackBerry saya sendiri.

Tools yang digunakan sebagai berikut:

1. BlackBerry Desktop Software

2. 9100_9105AllLang_PBr6.0.0_rel2950_PL6.6.0.236_A6.0.0.668.exe (OS 6 untuk BlackBerry Pearl 9100_9105)

Oke, langsung saja kita mulai untuk upgrade.

No Task Capture
1. Install BlackBerry Desktop Software atau BlackBerry Desktop Manager clip_image002
2. Download OS dari official yang ada disini dengan nama: 9100_9105AllLang_PBr6.0.0_rel2950_PL6.6.0.236_A6.0.0.668.exe clip_image004
3. Install OS yang telah kita download tadi
4. Restart PC / Laptop anda
5. Hubungkan device BlackBerry anda dengan PC / Laptop
6. Hapus file Vendor.xml pada path berikut C:\Program Files (x86)\Common Files\Research In Motion\AppLoader.

NB: Untuk jaga-jaga, anda bisa backup file Vendor.xml

clip_image005
7. Jalankan BlackBerry Desktop Software/BlackBerry Desktop Manager maka akan otomatis muncul prompt untuk upgrade. Click Get Upgrade clip_image007
8. Aplikasi akan mengecek update, tunggu beberapa saat. clip_image009
9. Akan muncul windows Update Option, anda akan ditawarkan untuk melakukan backup data. Data akan di backup dan kemudian akan di restore lagi ke device BlackBerry anda apabila updatenya sudah berhasil. Centang Backup Device Data, lalu click Install Update. clip_image011
10. Proses Backup berlangsung clip_image013
11. Proses Install clip_image015
12. Proses Reboot device clip_image017
13. Proses Restore Data clip_image019
14. Apabila sudah complete, akan muncul prompt seperti disamping. Karena device BlackBerry Saya diberi password, maka harus memasukkan password terlebih dahulu. clip_image021
15. Software versionnya bisa dicek pada BlackBerry Desktop Software anda. clip_image023
16. Setelah selesai semuanya, device anda akan melakukan synchronizing service-service yang ada sebelumnya.

Demikian sharing dari saya, semoga bermanfaat bagi yang ingin melakukan upgrade pada device BlackBerry nya, jadi tidak perlu menggunakan jasa counter untuk melakukannya.

Comments
  1. alfons says:

    thanks mas… ini sudah menjawap rasa penasaran saya. tp sebelumnya bb mas pake os brapa ya dan bb nya tipe apa??? trus hasil yang mas rasakan gimana???

    • ajituelegi says:

      Dear Mas Alfons,

      Sama-sama, senang sudah mengunjungi blog saya. Sebelumnya saya menggunakan OS Version 5 dan BB nya type Pearl 3G. hasil yang saya rasakan dari sisi:
      1. Tampilan: jadi lebih bagus yang jelas, karena sudah di upgrade
      2. Performa: Baterai jadi berkurang 4 jam masa bertahannya, sebelum di upgrade bertahan sampai 24 Jam (pemakaian normal: BBM, email, FB, Twitter, dll).

      Salam,
      Panji [as]

  2. deddy says:

    terima kasih informasinya mas,, apakah OS ini sdh termasuk bahasa indoensia? krn BB Pearl saya tdk ada bahasa indonesianya, trm kasih

    • ajituelegi says:

      Dear Mas Deddy,

      Untuk detailnya saya belum tau, dan kebetulan saya juga tidak menggunakan bahasa Indonesia, nanti akan diupdate info lebih lanjutnya, Insya Allah.
      Terima kasih sudah mampir ke sini.

      Salam,
      Panji [AS]

  3. kingkhaledshahbal says:

    Salam.
    Mas, apakah aplikasi dan autotext tidak ada yang hilang?
    Jika saya pernah install aplikasi ‘font all in one os5’ untuk menanggulangi beberapa karakter yang tidak terbaca (kotak kotak hitam) , apakah pada os 6 nanti aplikasi itu akan support mas?
    makasih
    Salam.

    • ajituelegi says:

      Untuk aplikasi autotext nya tidak hilang, semua settingan tidak ada yang berubah, hanya saja OS nya yang berubah. untuk aplikasi semua masih utuh, namun untuk jaga-jaga, anda bisa full backup blackberry anda. namun disini ada kelemahannya, yaitu baterai jadi lebih boros 4 jam lebih cepat dari biasanya.

  4. akbar says:

    maaf mas saya beginer..tolong share tempat download untuk BlackBerry Desktop Software atau BlackBerry Desktop Manager dan os 6 untuk blackberry 9700

  5. Ahmad says:

    mas, mau tanya…,
    stap ke 11 itu harus connect internet apa tidak?
    thanks…,

  6. art says:

    mas , sya pke bb 9500 os 5 bsa ga upgrade ke os 6
    trims.

    • ajituelegi says:

      Maaf Mas, disini hanya membahas apa yang sudah saya lakukan, untuk yang mas tanyakan mungkin bisa coba googling terlebih dahulu.

      salam,
      Panji [as]

  7. makhrus says:

    ЌäĽ☺ untuk bb curve 8520 bisa ga ya? Os yng saya pake masih os 5

  8. aldi says:

    Mas kalau os bb 9300 yang mana mas
    Tolong kirim ke email aja mas

    • ajituelegi says:

      Maaf mas, saya belum pernah coba untuk BB 9300, yang saya tulis disini hanya yang sudah saya coba. Mungkin bisa dicoba untuk googling terlebih dahulu.

      salam,
      Panji [as]

  9. Rafi syaksena says:

    Gan mau tanya ni ada eror ga dalam upgrade os ke 6 , itu versi brp?

  10. anwi says:

    mas, kok saya g berhasil ya, g ada notif upgradenya, pdhal sblomnya ada -___- haduuh. seblomnya ada, tpi g mau di upgrade osnya, ktanya msti updte BDSnya dlu, udah saya updte tetep g mau.pusing -___-

    • ajituelegi says:

      Dear Anwi,

      Ga berhasilnya gmn ya? ada pesan error apa? apakah sudah mengikuti step-by-stepnya dengan benar?

      salam,
      Panji [as]

  11. pakorn says:

    thanks bro sekrang bb gw udah os 5,,baru angkat os 4 jadul bgt, hehehehe

  12. eko says:

    mas sya upgrade kok kontak bbm sya hilang semua, padahal sudah backup, mungkin ada cra mengemblikannya mas?

  13. mantap gan,,
    berhasiiiiiilllllllllllll………………..
    (y)

    mampir gan
    http://adeputrasuma.blogspot.com/

  14. Maaf mas saya masih beginner
    kalo sewaktu waktu saya mau balikin lagi ke OS 5 itu bisa ga mas?
    mohon responnya mas terima kasih

    • ajituelegi says:

      mas Yudha,

      Mohon maaf sebelumnya, karena saya belum pernah mencoba, saya belum berani komen.
      Tapi seharusnya bisa, coba akang googling dulu.

      Salam,
      Panji [as]

  15. marmedia says:

    maaf Mas,sya juga beginner,mw tanya untuk type storm 2 bisa ga ya rubah ke versi 6??trims

    • ajituelegi says:

      Dear Marmedia,

      Mohon maaf saya belum pernah mencobanya kalau untuk tipe itu.
      Barangkali kalau kita googling akan ada yang serupa dengan yang anda tanyakan.

      Salam

      Panji [as]

  16. Danny Boy says:

    Mas itu yang masukin password, passwordnya apa??
    mohon penjelasanya saya masih baru!

    • ajituelegi says:

      Mas Danny Boy,

      maksudnya adalah, apabila device BB nya dikasih password, maka password BB tersebut yang dimasukan.

      Salam,
      Panji [as]

  17. mangaming says:

    Mas aji

    Pearlnya bertahan berapa jam?

  18. aino says:

    kok lama bener ya?

Leave a Reply

